Esok Gubernur Lantik Lima Kepala Daerah, Hari Ini Tes PCR

  • Whatsapp

SEPUTARSULUTNEWS.COM,MANADO– Jika tidak ada aral melintang, Jumat (26/02/2021), besok lima kepala daerah hasil Pilkada 2020, akan dilantik Gubernur Sulut Olly Dondokambey atas nama pemerintah pusat.

Adapun kepala daerah yang di jadwalkan akan dilantik Bupati dan Wakil Bupati Boltim, Bolsel, Minsel, Minut dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon.

Bacaan Lainnya

Tentunya sesuai protokol kesehatan proses pelantikan hanya di hadiri kurang lebih 10 orang setiap daerah, dan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Semua yang akan dilantik, maupun undangan berada dalam ruangan wajib menjalani tes PCR yang dilaksanakan Kamis (25/02) hari ini.

Hal ini seperti terungkap dalam rapat persiapan Pelantikan Bupati/Wabup dan Wali Kota/Wakil Wali Kota hasil Pilkada Serentak 2020, digelar di ruang FJ Tumbelaka kantor gubernur.

Rapat dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulut Edison Humiang, pelantikan bakal dilaksanakan di Graha Bumi Beringin, Manado.

Dan mengingat saat ini masih dalam pandemi Covid-19, pelantikan dilaksanakan secara terbatas dan dengan protokol kesehatan.

Disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda), Jemmy Kumendong, kepala daerah dan wakil kepala daerah serta undangan yang akan hadir pada pelantikan, wajib melakukan swab PCR di Laboratorium Unsrat pada tanggal 25 Februari 2021 Pukul 08.00 Wita.

“Untuk pengambilan hasil swab PCR, tanggal 25 Februari 2021 Pukul 14.00 wita,” ungkapnya.
Kumendong menambahkan, kepala daerah dan wakil kepala daerah dan yang menerima undangan pelantikan jika mendapat hasil swab PCR positif, tidak diperkenankan mengikuti pelantikan.

“Yang mendapat hasil swab positif, untuk pelantikannya direncanakan melalui virtual,” jelasnya.

Untuk kelancaran pelaksanaan pelantikan, akan digelar gladi bersih pada Kamis 25 Februari 2021 pukul 15.00 Wita di Graha Gubernuran.

Dalam pelantikan di masa pandemi ini, salah satu yang dibatasi adalah jumlah undangan. Kumendong menjelaskan, undangan pelantikan hanya dibatasi.

10 orang di setiap daerah yang melaksanakan pelantikan, yakni kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan dilantik, bersama masing-masing istri, dua orang anak, masing-masing Ketua DPRD Kabupaten dan Kota, serta Pelaksana Harian (Plh) Bupati/Walikota.

“Undangan hanya dibatasi. Bupati dan Wabup serta Wali Kota dan Wawali bersama istri, dan undangan yang akan hadir, dua hari sebelum hari H pelantikan, wajib isolasi mandiri,” jelasnya.(wal/*)

Pos terkait