Mendagri Resmi Lantik Agus Fatoni Pjs Gubernur Sulut

  • Whatsapp

SEPUTARSULUTNEWS,MANADO– Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) resmi memiliki Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulut setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menunjuk dengan penyerahan SK kepada Dr. Drs. Agus Fatoni, MSi di Kemendagri, Jakarta, Jumat (25/09/20).

Ada empat Pjs Gubernur dalam pilkada serentak yang dilantik yakni Provinsi Sulut, Kalimantan Utara, Jambi dan Kepulauan Riau.

Bacaan Lainnya

Dimana sesuai aturan yang ada Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah yang ikut Kontestasi Pilkada harus Cuti di luar tanggungan Negara, serta melepaskan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

Hal ini untuk menjamin keberlangsungan Penyelenggaraan Pemerintah di daerah tertib administrasi dan kepastian hukum serta menjaga stabilitas Pemda pada masa Pelaksanaan Kampanye Pilkada.

Oleh karenanya Mendagri telah melantik Pjs Gubernur Sulut Dr. Drs. AGUS FATONI, M.Si. Pria kelahiran Bahuga (Prov. Lampung), 6 Juni 1972.

Menurut Mendagri, Pjs Gubernur sebagai motor untuk berkoordinasi. Agar tidak menjadi media penularan maka harus patuh pada protokol kesehatan covid-19.

Mendagri berharap protokol covid-19 harus betul-betul diterapkan dengan tidak terjadi kerumunan sosial. Sehingga didorong untuk menggunakan media daring, media konvensional TV, radio, media cetak, aplikasi zoom, instagram, youtube dan aplikasi lainnya yang bisa dicapai oleh ribuan masyarakat.

Juga harus memperhatikan tatacara protokol covid, terdiri dari tiga hal yaitu: pakai masker secara benar, cuci tangan dengan sabun dan sanitizer serta jaga jarak.

Lebih lanjut Mendagri Tito menganjurkan kepada Tim Sukses agar dapat turun “door to door” menyampaikan alat-alat peraga seperti sabun, sanitizer, dan membagikan masker dan tempat cuci tangan Box dengan gambar pasangan calon disertai pesan-pesan.

PJs Gubernur memiliki fungsi memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat serta memfasilitasi penyelenggaraan pilkada yang definitif dan menjaga netralitas ASN.

Pesan Tito “Pjs Gubernur tetap berkoordinasi dengan Calon yang sementara cuti, juga koordinasi dengan Forkopimda dan menjaga hubungan baik dengan semua pihak”, pungkasnya.

Adapun Pjs Gubernur Sulut yakni Bapak Agus Fatoni merupakan pejabat eselon I di Kementerian Dalam Negeri, sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kemendagri. Sebelumnya, menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Agus Fatoni, mengawali karirnya sebagai Ajudan Gubernur Lampung pada tahun 1995. Jabatan lain yang pernah dijabat adalah Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri, Plt. Sekretaris Fasilitasi Kerjasama, Sekretaris Korpri, Kepala Sekretaris Pribadi Mendagri, Kepala Bagian Protokol, Kepala Subdit Dana Bagi Hasil (DBH) Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kepala Seksi Otsus Papua, Papua Barat dan DIY.

Fatoni, demikian sering dipanggil, menyelesaikan S3 Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran (UNPAD) tahun 2009, S3 Imu Pemerintahan UNPAD tahun 2003, S1 Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) tahun 1999 dan menyelesaikan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 1994. Sementara pendidikan SMA, SMP, SD dan TK diselesaikan di Lampung.

Fatoni, yang pernah menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa IIP ini, sampai saat ini masih menjabat sebagai Wakil Direktur Eksekutif Forum Sekretaris Provinsi Seluruh Indonesia (Forsesdasi) dan Ketua Umum Forum Protokol Indonesia (Forum Protokol Indonesia). Fatoni pernah menjadi Ketua Harian Dewan Pengurus Nasional Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPN-IKAPTK), dan saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Purna Praja Angkatan 03 (Pujangga) sejak tahun 2012.

Pria yang pernah mendapat predikat Mahasiswa Teladan IIP ini, merupakan lulusan terbaik Diklat Pimpinan Nasional Tingkat II tahun 2019 dan mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya X dan XX tahun dari Presiden Republik Indonesia. (wal/*)

Pos terkait