Kapolda “Warning” Penyelenggara Pemilu dan Paslon di Sulut

  • Whatsapp

SEPUTARSULUTNEWS,MANADO– Kapolda Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak M.Si melakukan pertemuan dengan insan pers dikemas dengan mengusung tema Kopi Bareng Wartawan Mitra Polda Sulut, Rabu (23/9/2020) di Big Fish Manado.

Bacaan Lainnya

Kapolda mengingatkan untuk Komisi Pemilihan Umum(KPU) dan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta Calon Walikota dan Wakil Walikota Besok hari (Kamis 24/09) dalam proses tahapan penetapan nomor urut paslon hingga proses pemilihan 9 Desember mendatang untuk berpedoman dalam Maklumat yang telah dikeluarkan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si tentang Kepatuhan terhadap protokol kesehatan nomor: Mak/3/IX/2020 tertanggal 21 September 2020 yakni:

1. Pemilihan Kepala Daerah 2020 merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat secara konstitusional yang dilindungi Undang-undang, maka diperlukan penegasan pengaturan agar tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

2. Untuk memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 pada adaptasi kebiasaan baru, dengan ini Kapolri mengeluarkan maklumat:
a. Dalam pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020, tetap mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah terkait penanganan, pencegahan, serta protokol kesehatan COVID-19.

b. Penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait pada setiap tahapan pemilihan wajib menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.
c. Pengerahan massa pada setiap tahapan pemilihan tidak melebihi batasan jumlah massa yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilihan.
d. Setelah selesai melaksanakan setiap kegiatan tahapan pemilihan, semua pihak yang terlibat dan masyarakat agar segera membubarkan diri dengan tertib tanpa arak-arakan, konvoi atau sejenisnya.

3. Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan Kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
5. Demikian maklumat ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat.

Mantan Direktur Penyidikan KPK itu menambahkan agar rekan rekan media turut menopang kegiatan yang telah dicanangkan tersebut sebagai mitra kerja dari jajaran kepolisian yang terus melaksanakan Operasi Yustisi penegakan hukum protokol kesehatan,
“kita harus selalu saling mengingatkan demi menjaga Pemilihan yang aman dan masyarakat yang sehat dan bebas dari Covid-19, apalagi demi menjalankan pemilu yang aman dan demokratis,” jelas Kapolda.

Turut mendampingi Kapolda Sulawesi Utara Dalam kegiatan tersebut, Kombes. Pol. Drs. Ahmad Alwi, M.M. (Irwasda), Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, AKBP Michael Irwan Tamsil, S.I.K(Direktur Reskrimsus Polda Sulut), Kombes Pol Trisulastoto Utomo(Direskrimum Polda Sulut), AKBP Sudung F Napitu SIK MH (Wakil Direktur Polairud Polda Sulut), Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sonjaya, AKBP Indra Lutrianto Amstono (Direktur Narkoba), serta para pejabat polda sulut lainnya. (ras)

Pos terkait